Minggu, 20 Maret 2016

Resep dan Cara Membuat Bakwan Jagung Renyah Sederhana

Resep Bakwan Jagung Sederhana - Siapa yang tidak kenal bakwan jagung, rasaya gorengan yang satu ini cukup populer di kalangan masyarakat baik di pedesaan maupun di perkotaan. Tekstur bakwan jagung yang renyah dengan rasa yang gurih membuatnya menjadi salah satu gorengan favorit Biasanya, bakwan jagung dijajakkan saat sarapan pagi atau menjelang sore. Dengan harga yang relatif murah, kita bisa memperoleh bakwan jagung yang lezat.

Namun bagi kalian yang hobi memasak, tentunya lebih mengasyikkan jika membuatnya sendiri di rumah. Dengan bahan-bahan yang bisa disesuaikan dengan selera, kita bisa membuat bakwan jagung yang lebih lezat. Selain itu, membuat bakwan jagung di rumah tentunya lebih sehat dan kehigienisannya lebih terjamin.
Resep Bakwan Jagung Sederhana, Cara Membuat Bakwan Jagung Sederhana
gambar : royco.co.id
Nah bagi kalian yang baru belajar memasak dan ingin mencoba membuat bakwan jagung, tidak usah bingung. Cara membuat bakwan jagung sederhana sangatlah mudah, bahan-bahan yang digunakan juga tidak terlalu kompleks serta bisa didapatkan dengan mudah. Karena pada dasarnya, bakwan jagung merupakan goreng-gorengan yang bisa dibuat secara sederhana.

Sebagai permulaan, sisirlah jagung menggunakan pisau. Ini lebih mudah daripada hita harus memipilnya. Untuk wortel, kalian isa mengirisnya membentuk seperti batang korek api, atau bisa juga dirajang membentuk dadu kecil-kecil, sesuaikan saja dengan selera.

Setelah semua bahan siap, kita bisa lanjut untuk membuat adonan. Satukan semua bahan didalam wadah yang cukup lebar agar lebih leluasa. Tambahkan air secukupnya kemudian aduk merata hingga membentuk adonan yang siap digoreng. Tekstur yang ideal untuk adonan bakwan jagung adalah adonan yang lembek namun tidak encer dan tidak bisa dituang. Tekstur seperti ini akan memudahkan saat membentuk bakwan nantinya.

Panaskan minyak goreng yang agak banyak, jika kita menggunakan wajan datar anti lengket, kita tidak perlu menggunakan minyak yang terlalu banyak, yang penting bakwa bisa terendam. Ambil sesndok adonan, kemudian letakkan di pinggiran wajan. Tekan-tekan menggunakan sendok hingga adonan bakwan melebar. Proses ini harus dilakukan dengan cepat ya, agar kita bisa membuat beberapa bakwan sekaligus.

Setelah itu, sibak-sibakkan minyak goreng pada bakwan hingga bakwan terlepas dari pinggiran wajan dan bergeser ke tengah. Goreng bakwan hingga matang dan berubah warnanya menjadi kuning kecoklatan dan aromanya haum khas bakwan jagung.

Resep Bakwan Jagung Sederhana Renyah Gurih

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, pilihlah jagung manis yang masih segar. Jika menggunakan jagung biasa, pastikan jagungnya masih muda dan masih segar. Jika suka pedas, kalian juga bisa menambahkan iisan cabe rawit secukupnya seuai dengan selera. Tentunya akan lebih mantap ya!

Berikut ini adalah bahan-bahan yang kita perlukan untuk membuat bakwan jagung manis. Simak juga langkah-langkahnya untuk lebih detail. Semalat mencoba dan selamat menggoreng! :)

Bahan Resep Bakwan Jagung Sederhana

  1. 3 bh jagung manis
  2. 2 btg wortel
  3. 5 sdm tepung terigu
  4. 1 btr telur
  5. 2 btg daun bawang, rajang pendek
  6. 4 bh cabe merah, rajang pendek
  7. 1 sdt garam
  8. 1/2 sdt kaldu bubuk
  9. 1/2 sdt lada bubuk
  10. air secukupnya
  11. minyak untuk menggoreng

Cara Membuat Bakwan Jagung Sederhana

  1. Sisir jagung manis menggunakan pisau. Wortel dikupas, kemudian cincang membentuk dadu kecil-kecil atau bisa juga diiris menyerupai batang korek api.
  2. Siapkan wadah, masukkan jagung manis dan wortel. Masukkan tepung terigu, telur, daun bawang, cabe merah, garam, kaldu bubuk dan lada bubuk.
  3. Tuangkan air secukupnya kemudian aduk merata hingga membentuk adonan. Tambahkan air secukupnya untuk menyesuaikan tekstur adonan.
  4. Panaskan minyak. Ambil sesendok adonan bakwan kemudian letakkan di pinggiran wajan, pipihkan menggunakan sendok. Buat beberapa bakwan sekaligus agar proses menggoreng lebih cepat. Jika menggunakan wajan datar anti lengket, maka prosesnya bisa lebih mudah.
  5. Sibak-sibakkan minyak goreng pada bakwan menggunakan spatula hingga bakwan terlepas dari pinggiran wajan.
  6. Goreng bakwan hingga matang dan berubah warna menjadi kuning kecoklatan. Angkat.
  7. Sajikan bakwan jagung bersama saua sambal atau cabe rawit. Enjoy!

Related Posts

Resep dan Cara Membuat Bakwan Jagung Renyah Sederhana
4/ 5
Oleh