Jumat, 08 April 2016

Resep dan Cara Membuat Martabak Telur Mini Tanpa Daging

Resep Martabak Telur Mini Tanpa Daging - Martabak telur mini merupakan alternatif martabak telur reguler namun dengan ukuran yang lebih kecil. Meskipun kecil, namun cita rasanya tidak kalah lezat dengan martabak telur versi reguler. Martabak telur mini dengan martabak reguler memiliki bahan isian yang sama, hanya saja ukuran yang lebih kecil.

Biasanya, martabak telur memiliki isian yang terbuat dari campuran telur itik, aneka bawang, aneka bumbu dan irisan daging sapi. Namun juga terkadang versi hemat tidak menyertakan daging didalamnya. Seperti pada resep kita kali ini, kita akan mencoba membuat martabak telur mini tanpa daging. Lebih praktis dan tentunya lebih hemat.
Resep Martabak Telur Mini Tanpa Daging, Cara Membuat Martabak Telur Mini Tanpa Daging
Resep Martabak Telur Mini Tanpa Daging
Pada dasarnya, cara membuat martabak telur mini tanpa daging sama saja dengan martabak telur biasa versi reguler. Dan agar lebih praktis, kita bisa menggunakan kulit lumpia ukuran besar untuk menggantikan kulit martabak. Hasilnya tidak kalah lezat ko, juga bisa dibuat dengan relatif cepat.

Sebagai langkah pertama, kita buat adonan isian terlebih dahulu. Kocok lepas telur ayam bersama dengan bumbu-bumbu. Kocok hingga telur agak berbuih untuk mendapatkan tekstur yang bagus dan bumbu yang merata. Baru setelah itu masukkan bahan-bahan pengkap lainnya seperti sayuran dan daun bawang.

Langkah selanjutnya yaitu menggoreng martabak telur. Langkah ini memerlukan sedikit ketelatenan serta sedikit keterampilan. Prosesnya sama seperti membuat martabak telur, yaitu melipat kulit martabak sambil digoreng. Bagi yang sudah terbiasa, langkah ini lebih mudah ketimbang membungkus adonan telur dengan kulit lumpia diluar penggorengan.

Panaskan minyak di wajan terlebih dahulu, bisa menggunakan wajan datar atau juga wajan biasa. Letakkan kulit lumpia di wajan, tuangkan adonan isian secukupnya kemudian lipat kulit lumpia dari 4 sisi hingga martabak telur membentuk segi empat. Lakukan langkah yang sama untuk menggoreng beberapa martabak sekaligus. Biasanya, untuk satu kali proses menggoreng bisa muat 3 sampai 4 buah martabak mini.

Setelah selesai proses lipat melipat, martabak mini tinggal digoreng hingga matang. Untuk mendapatkan hasil yang matang merata luar dalam, gunakan api kecil saja. Sehingga bagian dalam matang sempurna dan bagian luarnya tidak gosong.

Resep Martabak Telur Mini Tanpa Daging

Biasanya, martabak telur menggunakan bahan isian berupa daging sapi atau daging ayam. Karena kita membuat versi hemat, maka kita bisa menggantinya dengan sayuran. Sayuran juga dapat menambah cita rasa dan aroma martabak telur mini, sehingga tidak kalah lezat dengan martabak telur yang menggunakan daging.

Sayuran yang kita gunakan kali ini adalah wortel dan kentang. Dengan begitu, martabak terasa lebih berisi dan lebih bertekstur. Rasanya juga lebih mantap, apalagi jika dibuat dengan cita rasa pedas. Dijamin bisa membuat kalian ketagihan untuk mencoba lagi dan lagi.

Nah bagi kalian yang hendak mencoba membuatnya, berikut ini adalah bahan-bahan yang kita perlukan. Simak juga cara membuat martabak telur mini tanpa daging selengkapnya di bawah ini. Selamat mencoba ya!

Bahan Resep Martabak Telur Mini Tanpa Daging

  1. 10 lbr kulit lumpia
  2. 3 btr telur
  3. 1 bh bawang bombay, cincang dadu
  4. 2 bh kentang, cincang dadu kecil-kecil
  5. 2 btg wortel, cincang dadu kecil-kecil
  6. 3 btg daun bawang, rajang halus
  7. 2 btg daun seledri
  8. 1 sdt garam
  9. 1/2 sdt kaldu bubuk
  10. 1/2 sdt lada bubuk
  11. minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Martabak Telur Mini Tanpa Daging

  1. Kocok lepas telur ayam bersama dengan garam, kaldu bubuk dan lada bubuk.
  2. Masukkan bawang bombay, kentang, wortel, daun bawang dan seledri. Aduk hingga semua bahan tercampur merata. Sisihkan dulu sementara.
  3. Siapkan wajan datar anti lengket, tuangkan minyak goreng secukupnya kemudian panaskan hingga benar-benar panas diatas api kecil.
  4. Letakkan kulit lumpia diatas wajan. Ambil adonan isian secukupnya kemudian letakkan di tengah-tengah kulit lumpia.
  5. Lipat kulit lumpia dari 4 sisi hingga membentuk segi empat. Pinggirkan ke pinggir wajan kemudian buat lagi dengan cara yang sama. Dalam satu wajan datar, bisa muat antara 3-4 martabak mini, tergantung ukuran wajan.
  6. Setelah itu, goreng martabak telur hingga matang dan berubah warna menjadi kuning kecoklatan. Gorengnya dengan api kecil ya, agar adonan telur didalam martabak bisa matang dengan sempurna.
  7. Sajikan martabak telur mini bersama saus sambal atau cabe rawit. Enjoy!

Related Posts

Resep dan Cara Membuat Martabak Telur Mini Tanpa Daging
4/ 5
Oleh