Jumat, 18 Maret 2016

Resep dan Cara Membuat Mie Goreng Sederhana

Resep Mie Goreng Sederhana - Kalian suka mie goreng? Siapa yang tidak kenal mie goreng, rasanya makanan ini sudah terlalu populer, ya. Tidak hanya di dalam negeri, mie goreng juga terdapat di seluruh belahan dunia sebagai menu makanan yang lezat dan sehat.

Saking terkenalnya, bahkan mie goreng juga memiliki banyak versi. Mie goreng juga hadir dalam bentuk instan, sehingga kita bisa menikmatinya dengan mudah dan cepat. Namun disini kita tidak akan membahas mie goreng versi instan. Kita akan mencoba membuat mie goreng sederhana dengan bahan-bahan yang juga terbilang sederhana.
Resep dan Cara Membuat Mie Goreng Sederhana
Resep Mie Goreng Sederhana
Cara membuat mie goreng sederhana memang sesederhana kelihatannya. Mie goreng sederhana bisa dibuat dengan bahan-bahan seadanya, namun rasanya tak kalah enak. Meskipun disini kita menggunakan bahan yang cukup banyak dan beragam, namun semuanya adalah pilihan ya. Jika tidak ada maka bisa di-skip saja, sesuaikan dengan ketersediaan bahan-bahan di rumah.

Dalam menu mie goreng kali ini, kita menggunakan mie kering sebagai bahan utamanya. Mie ini harus kita rebus terlebih dahulu hingga matang. Selama proses perebusan, tuangkan minyak goreng agar mie menjadi kenyal dan tidak terlalu melar. Sesudah itu, tiriskan mie kemudian sisihkan dulu sementara.

Lanjut ke tahap berikutnya, masak telur dengan cara orak-arik. Setelah telur menggumpal, pinggirkan dulu sementara ke pinggiran wajan. Masukkan bumbu halus kemudian tumis seperti biasa hingga harum.

Selanjutnya tuangkan kecap manis, tuangkan ke pinggiran wajan secara melingkar sehingga kecap langsung menyentuh wajan dan terkena panas. Biarkan dulu beberapa saat hingga kecap membentuk karamel, dengan cara ini maka aroma mie goreng menjadi lebih wangi dan lebih menggugah selera.

Langkah selanjutnya, masukkan sayuran dan bahan lain seperti suwiran daging ayam dan bakso. Bubuhkan juga garam, kaldu bubuk dan lada bubuk. Tuangkan sedikit air ya, biar bumbu-bumbu larut dan menyatu. Masukkan mie yang sudah direbus kemudian aduk merata. Jadi deh, tinggal disajikan bersama dengan acar.

Resep Mie Goreng Sederhana Spesial

Disini kita menggunakan telur yang dimasak dengan cara orak arik. Jika kalian tidak suka maka bisa di skip saja, sehingga telur bisa dimasak dengan cara diceplok atau bisa juga digoreng dadar. Semua tergantung selera ya, yang penting enak.

Untuk bahan lainnya, semua bersifat opsional. Kalian bisa menambahkan bahan lainnya seperti udang, kerang, daging, sosis dan lainnya sesuai dengan selera. Nah, berikut ini adalah bahan-bahan yang kita butuhkan kali ini. Sesuaikan saja dengan ketersediaannya di rumah, sesuaikan juga dengan selera.

Bahan Resep Mie Goreng Sederhana

  1. 4 keping mie telor (mie kering)
  2. 2 btr telur, kocok lepas bersama 1/2 sdt garam
  3. 1 bh paha ayam, suwir
  4. 4 bh bakso sapi, iris
  5. 2 btg daun bawang
  6. 2 lbr daun kol, iris
  7. 4 lbr daun sawi hijau, potong pendek
  8. 1 sdt garam
  9. 1/2 sdt kaldu bubuk
  10. 1/2 sdt lada bubuk
  11. 6 sdm kecap manis
  12. minyak goreng secukupnya
  13. air secukupnya

Bumbu yang Dihaluskan

  1. 4 siung bawang merah
  2. 2 siung bawang putih
  3. 3 bh cabe merah keriting
  4. 1 btr kemiri
  5. 1/2 bh tomat

Bahan Acar

  1. 1 bh wortel, kupas dan rajang
  2. 1 bh mentimun, rajang
  3. 4 siung bawang merah, iris kasar
  4. 6 bh cabe rawit
  5. 1 sdm cuka masak
  6. 100 ml air

Cara Membuat Mie Goreng Sederhana

  1. Didihkan 400 ml air dalam panci, tuangkan 2 sendok makan minyak goreng. Masukkan mie kering, tunggu hingga mie lumer kemudian aduk agar minyak goreng menyatu dengan mie. Masak hingga mie matang kemudian angkat dan tiriskan. Sisihkan dulu sementara.
  2. Panaskan minyak goreng secukupnya diatas api sedang. Tuangkan kocokan telur, setelah agak menggumpal kemudian aduk-aduk hingga membentuk telur orak-arik. Pindahkan telur orak-arik ke pinggir wajan menggunakan spatula.
  3. Masukkan bumbu yang dihaluskan ke wajan, tumis hingga matang dan harum. Masukkan juga kecap manis, tuangkan memutar di pinggiran wajan agar kecap terkena panas kemudian biarkan beberapa saat agar kecap membentuk karamel.
  4. Masukkan sayuran seperti kol, sawi, daun bawang, juga bakso sapi dan suwiran daging ayam. Aduk rata bersama dengan telur orak-arik yang kita pinggirkan tadi.
  5. Tuangkan sedikit air, bubuhkan garam, kaldu bubuk dan lada bubuk. Aduk beberapa saat hingga bumbu-bumbu larut.
  6. Masukkan mie yang telah kita rebus tadi. Aduk agak cepat hingga semua bahan menyatu dengan mie. Tandanya yaitu warna mie menjadi gelap merata.
  7. Angkat mie goreng dan sajikan selagi hangat bersama dengan acar.
  8. Membuat acar : satukan semua bahan acar.

Related Posts

Resep dan Cara Membuat Mie Goreng Sederhana
4/ 5
Oleh