Jumat, 18 Maret 2016

Resep dan Cara Membuat Perkedel Kentang Sederhana

Resep Perkedel Kentang Sederhana - Perkedel kentang merupakan salah satu makanan yang bisa dinikmati dengan cara dimakan langsung atau bisa juga sebagai pelengkap makan nasi. Rasanya yang lezat membuat perkedel kentang disukan oleh banyak orang, dari anak-anak hingga orang dewasa. Makanan yang satu ini juga memiliki gizi yang cukup lengkap karena sebagian besar terdiri dari karbohidrat dan protein.

Dan pada resep kita kali ini, kita akan membuat perkedel kentang sederhana namun rasanya dijamin lezat. Cara membuat perkedel kentang sederhana sangatlah mudah, dengan persiapan yang tidak terlalu ribet. Bahan-bahan yang kita perlukan juga terbilang sederhana dan mudah diperoleh.
Resep dan Cara Membuat Perkedel Kentang Sederhana
Resep Perkedel Kentang Sederhana
Kali ini, untuk menambah cita rasa kita akan menggunakan telur sebagai salah satu bahan utamanya. Biasanya, perkedel yang menggunakan telur akan hancur saat digoreng jika proses pembuatannya kurang tepat. Perkedel yang hancur biasanya karena putih telur disatukan dengan adonan. Untuk itu, kita gunakan kuning telurnya saja sehingga perkedel bisa memiliki bentuk yang utuh nantinya. Putih telur kita gunakan sebagai bahan pencelup, untuk melapisi bagian luar perkedel.

Satu hal lagi, untuk memasak kentang sebagai bahan baku perkedel sebetulnya ada beberapa cara. Bisa dikukus, direbus atau juga digoreng. Semuanya sama saja dan bisa diaplikasikan, namun yang lebih praktis adalah digoreng. Jadi kita tidak repot mempersiapkan peralatan yang lain, cukup penggorengan yang juga akan kita gunakan nanti.

Selanjutnya, kentang yang sudah dalam keadaan matang kita hancurkan segera selagi panas agar lebih mudah hancur. Caranya bisa dengan menggunakan ulekan atau ditumbuk menggunakan lumpang kecil. Jangan terlalu lumat ya, biar perkedelnya masih memiliki tekstur kentang. Yang penting perkedel gampang dibentuk dan tidak bergerindil di permukaannya jika kentang masih kasar.

Langkah berikutnya adalah menyatukan semua bahan kecuali putih telur. Aduk merata hingga membentuk adonan, kemudian bentuklah bulatan-bulatan pipih. Celupkan perkedel kedalam putih telur kemudian goreng sampai matang.

Resep Perkedel Kentang Sederhana

Bahan-bahan yang kita gunakan untuk membuat perkedel kentang cukup sederhana. Sebagai bahan pelengkapnya, disini kita menggunakan wortel untuk menambah cita rasa dan memberikan sedikit tekstur. Perkedel akan terasa lebih lezat dan lebih beraroma, dan dijamin lebih menggugah selera.

Yuk kita simak, apa saja yang kita perlukan untuk membuat perkedel kentang kali ini. Simak juga langkah-langkahnya agar lebih jelas dan mendetail. Selamat mencoba ya!

Bahan Resep Perkedel Kentang Sederhana

  1. 500 gr kentang
  2. 1 btg wortel, cincang dadu kecil-kecil
  3. 2 kuning telur
  4. 2 putih telur
  5. 2 siung bawang putih, haluskan
  6. 2 btg daun bawang, rajang halus
  7. 2 btg seledri, rajang halus
  8. 1 sdt garam
  9. 1 sdt kaldu bubuk
  10. 1/2 sdt lada bubuk
  11. minyak untuk menggoreng

Cara Membuat Perkedel Kentang Sederhana

  1. Kupas kentang kemudian bersihkan. Belah masing-masing kentang menjadi 4 bagian. Selanjutnya goreng kentang hingga matang. Angkat kentang, tiriskan.
  2. Haluskan kentang selagi panas menggunakan ulekan. Jika ingin lebih bertekstur, sebaiknya jangan terlalu lumat, yang penting bisa dibentuk dan rapi tidak bergerindil.
  3. Masukkan kuning telur, wortel, bawang putih halus, daun bawang dan seledri. Bubuhkan garam, kaldu bubuk dan lada bubuk. Aduk hingga semua bahan tercampur merata.
  4. Pulunglah adonan perkedel membentuk bulatan-bulatan pipih. Lakukan hingga adonan habis.
  5. Persiapkan penggorengan, panaskan minyak goreng diatas api sedang.
  6. Sebelum digoreng, celupkan bulatan-bulatan perkedel kedalam putih telur. Setelah itu goreng hingga matang dan berubah warna menjadi kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
  7. Perkedel kentang siap disajikan.

Related Posts

Resep dan Cara Membuat Perkedel Kentang Sederhana
4/ 5
Oleh