Selasa, 15 Maret 2016

Resep dan Cara Membuat Bolu Kukus Pelangi Sederhana

Resep Bolu Kukus Pelangi Sederhana - Bolu kukus merupakan varian kue bolu yang cukup mudah dibuat serta memiliki kemungkinan gagal yang kecil. Kue ini menggunakan bahan-bahan yang cukup simpel dan mudah didapatkan sekalipun di warung-warung sekitar tempat tinggal. Meskipun sederhana, kue ini ternyata cukup populer dan banyak diminati sebagai alternatif bolu cake yang dibuat menggunakan oven.

Pada resep kita kali ini, kita akan mencoba membuat bolu kukus sederhana yang akan kita variasikan dengan menggunakan beberapa lapisan warna agar terlihat lebih menarik. Istilahnya, bolu ini mungkin cukup populer dengan sebutan bolu kukus pelangi.
Resep Bolu Kukus Pelangi Sederhana, Cara Membuat Bolu Kukus Pelangi Sederhana
Resep Bolu Kukus Pelangi Sederhana
Cara membuat bolu kukus pelangi sederhana bisa dibilang gampang-gampang susah. Gampangnya, kue ini menggunakan bahan-bahan yang sederhana dan prosesnya juga bisa dibilang sederhana. Susahnya, bagi pemula terkadang kesulitan dalam menentukan takaran sehingga terkadang adonan terlalu kaku dan kadang juga terlalu encer. Namun seiring pengalaman, takaran tidak akan menjadi masalah, cukup menggunakan feeling saja.

Seperti biasa, langkah pertama dalam membuat bolu dan cake adalah dengan mengocok telur bersama gula dan emulsifier hingga mengembang dan kaku / berjejak. Disini kita menggunakan susu cair untuk membuat adonan sedikit encer, jadi pertamanya telur bersama gula dan emulsifier kita kocok dulu agar tercampur merata. Baru setelah itu kita masukkan susu cair dan kocoklah adonan hingga mengembang dan berjejak.

Langkah berikutnya adalah memasukkan tepung terigu. Masukkan terigu sedikit demi sedikit agar mudah menyatu sambil diaduk perlahan. Terakhir, masukkan margarin yang sudah dicairkan terlebih dahulu. Aduk adonan perlahan-lahan hingga semua bahan benar-benar menyatu. Sampai disini adonan telah siap, tinggal memberi pewarna saja. Jika ingin membuat kue bolu kukus polos, maka adonan bisa langsung dikukus.

Bagi adonan menjadi beberapa bagian, kemudian teteskan beberapa tetes pewarna makanan untuk setiap bagian adonan. Adonan-adonan ini nantinya akan kita kukus secara bertahap agar didapat lapisan yang merata, tidak saling tercampur satu sama lain.

Siapkan loyang yang sudah diolesi margarin dan dialasi dengan kertas roti. Tuang adonan untuk lapisan pertama dan kukus selama kurang lebih 2-3 menit. Tuang lagi adonan kedua, kukus lagi selama 2-3 menit. Begitu seterusnya hingga adonan terakhir. Kukus selama 10-15 menit setelah lapisan terakhir untuk memastikan kue benar-benar matang.

Perlu diperhatikan, panci kukusan yang kita gunakan untuk mengukus bolu harus dalam keadaan siap atau sudah benar-benar panas. Jika tidak, maka bolu akan bantat atau tidak mengembang. Untuk itu, persiapkan kukusan sembari kita membuat adonan agar setelah adonan siap maka panci kukusan juga siap digunakan.

Resep Bolu Kukus Pelangi Sederhana

Bolu kukus pelangi menggunakan pewarna makanan, untuk itu pilihlah pewarna yang digunakan khusus untuk makanan. Gunakan pewarna secukupnya, jangan terlalu banyak sehingga warnanya terlalu mencolok. Memang terlihat bagus namun tidak baik untuk kesehatan. Alangkah lebih bagus jika kita menggunakan pewarna makanan alami.

Berikut ini adalah bahan-bahan yang kita butuhkan untuk membuat bolu kukus pelangi sederhana. Selamat mencoba ya, dibawah ini juga bisa kita simak step-by-step pembuatannya.

Bahan Resep Bolu Kukus Pelangi Sederhana

  1. 200 gr tepung terigu serbaguna (1 gelas)
  2. 200 gr gula pasir (1 gelas)
  3. 100 ml susu cair
  4. 75 gram margarin, cairkan
  5. 2 btr telur
  6. 1 sdt cake emulsifier (TBM/SP)

Pewarna Makanan (Pasta Sesuai Selera)

  1. 5 tetes pasta stroberi
  2. 5 tetes pasta pandan
  3. 5 tetes pasta coklat
  4. pasta lainnya sesuai selera

Cara Membuat Bolu Kukus Pelangi Sederhana

  1. Siapkan wadah. Kocok telur, gula pasir dan cake emulsifier dengan kecepatan rendah hingga semua bahan larut dalam telur.
  2. Masukkan susu cair, kocok dengan kecepatan tinggi hingga mengembang dan berjejak atau istilahnya ribbon stage. Dimana jika mikser diangkat maka adonan yang jatuh tidak langsung tenggelam melainkan menumpang diatas permukaan adonan dibawahnya.
  3. Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan-lahan.
  4. Masukkan margarin cair, aduk perlahan hingga adonan tercampur merata.
  5. Bagi adonan menjadi beberapa bagian sesuai dengan lapisan yang akan kita buat. Jika ingin membuat bolu kukus 3 lapis merah kuning hijau, maka kita membutuhkan setidaknya 2 bahan pewarna merah dan hijau karena adonan sudah memiliki warna kuning. Berikan pewarna pada masing-masing bagian adonan kemudian aduk hingga merata.
  6. Siapkan kukusan, hendaknya kukusan ini kita persiapkan sembari membuat adonan sehingga kukusan telah siap digunakan ketika kita selesai membuat adonan. Pastikan kukusan sudah benar-benar panas sebelum kita memasukkan adonan.
  7. Siapkan loyang, olesi permukaan bagian dalamnya menggunakan margarin dan taburi dengan sedikit tepung terigu. Alasi juga bagian dasarnya menggunakan kertas roti agar bolu tidak lengket.
  8. Tuang lapisan pertama kedalam loyang kemudian kukus selama kurang lebih 2-3 menit. Tidak usah samapi matang betul ya, yang penting adonan sudah cukup padat untuk ditimpa dengan lapisan adonan berikutnya serta sudah cukup mempunyai ruang untuk mengembang. Tuang lagi adonan untuk lapisan kedua, kukus selama 2-3 menit dan begitu seterusnya hingga lapisan terakhir.
  9. Untuk lapisan terakhir, kukus bolu selama 10-15 menit untuk mematangkannya. Jika masih kurang yakin, tusuk bolu menggunakan lidi. Jika tidak ada adonan yang menempel berarti bolu sudah cukup matang dan bisa diangkat.
  10. Setelah diangkat, biarkan beberapa saat hingga agak dingin dan tepian bolu yang bersentuhan dengan cetakan menjadi merenggang. Setelah itu tinggal keluarkan dari cetakan dan hiasi dengan topping sesuai selera.
  11. Enjoy!

Related Posts

Resep dan Cara Membuat Bolu Kukus Pelangi Sederhana
4/ 5
Oleh