Jumat, 18 Maret 2016

Resep dan Cara Membuat Martabak Manis Mini Sederhana

Resep Martabak Manis Mini Sederhana - Kudapan yang menurut cerita berasal dari asia selatan ini merupakan salah satu jajanan yang cukup populer di negara kita. Martabak manis memiliki beberapa versi, namun pada dasarnya berasal dari adonan yang hampir sama. Jika dilihat dari ukurannya, martabak manis dibedakan menjadi dua yaitu martabak manis terang bulang dengan ukuran besar dan martabak manis mini yang akan kita buat kali ini.

Meskipun mini, namun rasanya jangan ditanya. Karena memiliki adonan yang sama, maka rasa martabak manis mini ini tidak semini rasanya. Apalagi ditambah dengan berbagai topping yang menarik, maka dijamin aroma dan rasanya pasti menggugah selera. Penasaran ingin mencoba membuatnya? Yuk simak selengkapnya berikut ini.
Resep Martabak Manis Mini Sederhana, Cara Membuat Martabak Manis Mini Sederhana
Resep Martabak Manis Mini Sederhana
Pada dasarnya, cara membuat martabak manis mini sederhana sama saja dengan cara membuat martabak manis pada umumnya. Hanya ukurannya saja yang membedakan sehingga orang lebih tertarik karena ukurannya yang imut dan bentuknya yang lucu. Jika dilihat dari bahannya, sebetulnya sama saja.

Adonan martabak menggunakan pengembang organik yaitu ragi instan. Untuk itu, dalam pembuatannya adonan ini memerlukan waktu inkubasi yang cukup lama. Adonan harus didiamkan terlebih dahulu selama minimal satu jam. Baru setelah itu adonan bisa diproses ke tahap selanjutnya.

Perlu diingat, karena ragi merupakan kumpulan dari mikroorganisme, maka dalam membuat adonan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama pada saat pencampuran adonan, ragi tidak tahan dengan garam, maka bahan-bahan yang mengandung garam seperti margarin dan garam itu sendiri harus ditambahkan paling terakhir. Dan kedua, gunakanlan air matang agar lebih steril dan ragi lebih cepat berkembang didalam adonan.

Hal lain yang juga perlu diperhatikan adalah tempat membuat adonan. Gunakan wadah yang memiliki penutup, atau kalau tidak gunakan penutup seperti plastik atau serbet basah agar adonan tidak terkontaminasi udara luar. Tempatkan adonan di tempat yang lembab dan cukup hangat, jangan dimasukkan kedalam lemari es.

Selain dari adonan, dalam membuat martabak manis mini tentunya kita memerlukan cetakan. Cetakan ini bisa didapatkan di toko perabotan rumah tangga dengan harga yang relatif terjangkau. Namun jika tidak ada, kalian bisa menggunakan pan kecil anti lengket (teflon).

Resep Martabak Manis Mini Sederhana

Martabak manis memiliki rasa yang merupakan paduan antara manis dan gurih. Untuk itu, jumlah gula yang ditambahkan pada adonan sebaiknya tidak terlalu banyak. Kita bisa menambahkan gula sebagai taburan saat martabak dalam keadaan setengah matang ketika dimasak. Jika gula pada adonan terlalu banyak, justru martabak menjadi kurang gurih.

Untuk takaran ragi instan, idealnya adalah 11 gram (1 sendok makan penuh) untuk 1 kilogram adonan. Disini kita menggunakan setengahnya, karena memang tepung terigu yang kita gunakan cuma setengah kilogram. Untuk meminimalisir rasa dan aroma ragi pada martabak, kurangi jumlah ragi yang digunakan. Namun itu juga berarti waktu inkubasi adonan akan lebih lama.

Nah, dibawah ini adalah bahan-bahan yang kita perlukan untuk membuat martabak manis mini sederhana. Simak step-by-stepnya ya, agar lebih mendetail dan lebih jelas. Selamat mencoba ya!

Bahan Resep Martabak Manis Mini Sederhana

  1. 500 gr tepung terigu
  2. 100 gr gula pasir
  3. 150 gr margarin, cairkan
  4. 2 btr telur
  5. 1/2 sdm ragi instan (1/2 bks)
  6. 1 sdt vanili essence
  7. 1/2 sdt garam
  8. air matang secukupnya

Bahan Topping

  1. gula pasir secukupnya
  2. susu kental manis secukupnya
  3. coklat meses secukupnya
  4. keju cheddar parut secukupnya
  5. margarin untuk olesan secukupnya

Cara Membuat Martabak Manis Mini Sederhana

  1. Siapkan wadah, masukkan tepung terigu, gula pasir dan ragi instan. Aduk rata.
  2. Masukkan telur dan tuangkan air matang secukupnya. Kocok menggunakan mikser dengan kecepatan sedang hingga adonan tercampur merata. Sesuaikan tekstur adonan dengan menambahkan lagi air matang, tekstur yang ideal adalah kental namun bisa dituang. Jangan sampai keenceran ya, karena nanti akan ditambahkan margain cair.
  3. Tutup dan diamkan adonan selama kurang lebih 10-15 menit.
  4. Setelah didiamkan, tambahkan margarin cair pada adonan bersama dengan garam dan vanili essence. Aduk lagi hingga merata menggunakan mikser. Ini penting ya, JANGAN menambahkan garam dan margarin bersamaan dengan ragi karena mikroorganisme dalam ragi bisa mati. Tambahkan garam dan margarin paling terakhir setelah ragi menginkubasi adonan.
  5. Setelah proses pembuatan adonan selesai, diamkan adonan selama minimal satu jam dalam keadaan tertutup rapat. Kalian bisa menutupnya menggunakan plastik atau bisa juga menggunakan serbet basah. Lebih baik jika wadah yang digunakan memiliki penutup.
  6. Setelah didiamkan, adonan akan mengembang dan didalamnya terdapat gelembung-gelembung udara. Sampai disini adonan telah siap dimasak. Jika adonan martabak ini tidak dimasak sekaligus atau dimasak secara bertahap, maka pastikan adonan dalam keadaan tertutup didalam wadah.
  7. Siapkan cetakan martabak mini, panaskan diatas api sedang hingga benar-benar panas.
  8. Tuangkan secangkir adonan martabak kedalam cetakan, kemudian ratakan menggunakan bagian dasar cangkir sambil agak ditekan agar adonan terdesak ke pinggir cetakan untuk membuat tepian crispynya. Untuk membuat martabak mini yang tebal, tuangkan hingga 3/4 dari ketinggian cetakan. Jika ingin yang lebih tipis, tuangkan hingga 1/3 tau 1/2 saja.
  9. Kecilkan api, biarkan adonan martabak hingga setengah matang dan terbentuk gelembung-gelembung udara yang menyembul dari dasar adonan.
  10. Setelah martabak dalam keadaan setengah matang, taburkan gula pasir secukupnya pada permukaan martabak. Tutuplah martabak dan biarkan hingga matang. Cirinya, jika permukaan martabak ditusuk menggunakan lidi maka teksturnya padat (tidak lembek) dan tidak ada adonan yang menempel pada lidi.
  11. Angkat martabak menggunakan kape/scraper. Olesi permukaannya dengan margarin dan beri topping sesuai dengan selera seperti coklat meses butiran, keju cheddar parut dan susu kental manis.
  12. Sajikan martabak manis mini sederhana selagi hangat.

Related Posts

Resep dan Cara Membuat Martabak Manis Mini Sederhana
4/ 5
Oleh