Minggu, 20 Maret 2016

Resep dan Cara Membuat Pisang Goreng Crispy Coklat Keju

Resep Pisang Goreng Crispy Coklat Keju - Pisang goreng memang merupakan salah satu jajanan yang cukup banyak diminati. Jajanan ini tak lekang oleh waktu meskipun telah banyak bermunculan variasi jajanan modern cepat saji. Pisang goreng masih memiliki tempat dan minat masyarakat yang masih tinggi. Apalagi sekarang bermunculan aneka jenis pisang goreng yang menyesuaikan dengan perkembangan jaman.

Salah satunya adalah pisang goreng crispy cokla keju. Pada dasarnya, pisang goreng crispy merupakan pisang goreng biasa namun dengan penyajian yang sedikit lebih modern. Cara membuat pisang goreng crispy coklat keju sebenarnya cukup mudah dan bisa kita buat sendiri di rumah dengan mudah. Seperti pada resep kita kali ini, yuk simak selengkapnya!
Resep Pisang Goreng Crispy Coklat Keju, Cara Membuat Pisang Goreng Crispy Coklat Keju
Resep Pisang Goreng Crispy Coklat Keju
Pisang goreng crispy dibuat dengan dua lapisan, lapisan pertama berupa adonan dan lapisan kedua adalah tepung roti kasar atau tepung panir. Untuk lapisan pertama, bahan adonan yang digunakan tidak jauh berbeda dengan adonan yang kita gunakan untuk pisang goreng biasa. Jadi pada dasarnya pisang goreng crispy merupakan pisang goreng biasa yang diberi lapisan crispy pada bagian luarnya.

Sebagai langkah pertama, kita persiapkan adonan untuk lapisan pertama. Proses pembuatan adonan ini cuku mudah, tinggal mengodak-aduk saja semua bahan yang kita perlukan. Tekstur adonan ini sebaiknya tidak terlalu encer dan tidak terlalu kental, seperti mebuat adonan pisang goreng biasa pada umumnya.

Pisang yang sudah kita kupas, kemudian kita celupkan kedalam adonan pencelup. Setelah itu, gulingkan pisang diatas tepung roti kasar hingga seluruh permukaannya terselimuti. Buatlah beberapa sesuai dengan ukuran penggorengan yang kita gunakan agar bisa menggoreng beberapa pisang sekaligus.

Gorenglah pisang hingga matang. Pastikan minyakna sudah benar-benar panas ya, agar hasilnya lebih renyah. Agar suhu minyak stabil, jangan memasukkan pisang terlalu banyak. Dengan begitu hasilnya bisa renyah sempurna dengan dalaman yang empuk. Setelah matang, angkat dan sajikan dengan topping sesuai selera.

Resep Pisang Goreng Crispy Coklat Keju Spesial

Pisang yang bisa kita gunakan sebagai bahan baku cukup beragam. Biasanya pisang yang banyak digunakan adalah pisang uli dan pisang kepok, karena pisang tersebut memiliki rasa yang manis, tekstur yang empuk dan tidak lembek saat digoreng sekalipun sudah matang betul. Selain itu, kita juga bisa menggunakan pisang nangka atau pisang raja, namun pilihlah yang masih mengkal karena sedikit lembek ketika pisang dalam keadaan matang.

Untuk bahan-bahan lainnya, berikut ini adalah daftar bahan yang kita perlukan. Simak juga step-by-stepnya berikut ini untuk lebih detailnya. Selamat mencoba ya!

Bahan Resep Pisang Goreng Crispy Coklat Keju

  1. 1 sisir pisang uli
  2. tepung roti/tepung panir kasar secukupnya
  3. minyak goreng secukupnya

Bahan Adonan Pencelup

  1. 1 gelas tepung terigu serbaguna
  2. 2 sdm tepung beras
  3. 1 btr telur ayam
  4. 2 sdm gula pasir
  5. 1/2 sdt garam
  6. 1/2 sdt vanili essence
  7. air secukupnya

Bahan untuk Topping

  1. keju cheddar parut secukupnya
  2. coklat meses butiran secukupnya
  3. susu kental manis secukupnya

Cara Membuat Pisang Goreng Crispy Coklat Keju

  1. Siapkan wadah yang agak lebar, masukkan tepung terigu, tepung beras, gula pasir, garam dan vanili bubuk. Aduk rata.
  2. Masukkan telur dan air secukupnya, aduk merata hingga membentuk adonan. Sesuaikan tekstur adonan dengan menambahkan air, jika terlanjur keenceran tambahkan tepung terigu secukupnya.
  3. Persiapkan peggorengan, panaskan minyak goreng yang agak banyak diatas api sedang hingga benar-benar panas.
  4. Kupas pisang. Jika ingin dibentuk seperti kipas, belah pisang menjadi 3 bagian namun jangan sampai putus di salah satu sisinya, sementara sisi yang lain dibelah sampai putus. Mekarkan sisi pisang yang dibelah putus sehingga mekar menyerupai kipas.
  5. Celupkan pisang kedalam adonan pencelup, kemudian gulingkan pisang diatas tepung roti hingga seluruh permukaannya terselmuti.
  6. Goreng pisang dalam minyak panas hingga matang dan berubah warna menjadi kuning kecoklatan, angkat. Lakukan langkah-langkah yang sama pada semua sisa pisang.
  7. Sajikan pisang besama dengan topping berupa taburan keju cheddar parut, coklat meses dan siram dengan susu kental manis. Enjoy!

Related Posts

Resep dan Cara Membuat Pisang Goreng Crispy Coklat Keju
4/ 5
Oleh

1 komentar: